Mengenal Brand Nike

Mengenal Brand Nike



​​Brand Nike pada awalnya tidak berasal dari Phil Knight, tetapi dari rekannya, Bill, yang melatih tim sepak bola mahasiswa baru Stanford. Setelah pertimbangan matang dan melihat prospek bisnis yang bagus, Phil menyetujui ajakan tersebut dan mulai menyusun konsep bisnisnya.

Salah satu yang menarik dari berdirinya merek Nike adalah para pendiri memiliki keahlian masing-masing, yang satu memiliki keterampilan di bidang bisnis, dan yang lainnya memahami target pasar yang akan dibidik oleh brand tersebut, yaitu bidang olahraga. Kerja sama keduanya membuat bisnis ini semakin memiliki potensi pasar yang sangat besar.

 

Dulu nama sebenarnya adalah Nike, tapi blue ribbon sport. Tujuan utamanya adalah membangun bisnis sepatu olahraga untuk menyediakan sepatu olahraga atletik dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan sepatu yang ada di pasaran.

 

Awalnya pasar sepatu olahraga didominasi oleh merek Jerman. Meskipun kualitasnya bagus, namun harganya tinggi pada saat itu, sehingga tidak banyak orang yang dapat menikmati produk tersebut.

 

Untuk memenuhi tantangan ini, Bill mengimpor sepatu olahraga dari Jepang dan saat ini bekerja sama dengan Onitsuka Tiger (Asics) Jepang untuk menghadirkan sepatu olahraga berkualitas tinggi kepada konsumen Amerika dengan harga yang sangat terjangkau

 

Bisnis Berkembang Dan Dikenal Masyarakat Amerika

Blue Ribbon Sport mampu menarik banyak perhatian konsumen Amerika. Itu karena Phil dapat bereksperimen dengan menciptakan produk inovatif, terutama dalam hal desain yang berlawanan dengan intuisi.

Pembukaan toko ritel resmi Blue Ribbon di kawasan Pico Boulevard Santa Monica, CA mencerminkan tingginya animo masyarakat terhadap produk-produk yang dipasarkan Blue Ribbon. Menariknya, toko ini merupakan cikal bakal lahirnya merek Nike yang kita kenal sekarang.

Perjalanan usaha Blue Ribbon Sport semakin berkembang pesat ketika melakukan kerja sama dengan Jeff Johnson seorang pengusaha. Kolaborasi ini untuk produksi sepatu olahraga yang disebut sepatu pelatihan "Cortez". Demikian pula, merek tersebut telah menemukan kesuksesan di pasar AS yang ditandai dengan perilaku produk ini

Tidak berakhir sampai di situ, Phil membangun kembali produknya dengan menghadirkan sol bercorak waffle yang hasilnya ramai digunakan di sepatu trendi saat ini. Sampai-sampai saat ini outsole Waffle telah memunculkan beberapa seri ternama yaitu Waffle Racer, Air Force One, Air Max 93, Air Max 95 dan Air Max 97.

 

Kelahiran Brand Nike

Kelahiran brand Nike bisa dikatakan unik, karena sebagai salah satu pendiri Nike, Jess bermimpi dan menceritakan mimpi tersebut kepada dua pendiri blue ribbon sport lainnya. Jeff menyerukan agar Blue Ribbon Sport diganti namanya menjadi Nike, memperlihatkan logo dan slogan sederhana "Just Do It".

 

Nama besar Nike menjadi terkenal karena memproduksi sepatu khusus untuk para atlet di US Olympic Trials yang diadakan di Union Day, Oregon. Sepasang sepatu yang diberi nama "Moon Shoes" ini berhasil menyedot banyak perhatian para atlet hingga masyarakat umum. Dari sini, Nike memiliki batu loncatan, dan hanya dalam 3 tahun mampu menguasai 50% pasar AS.

 

Tidak hanya itu, Nike telah membentangkan sayapnya ke sejumlah negara di Asia serta Eropa. Pengembangan ini disambut hangat oleh konsumen, dan Nike menjadi merek sepatu yang cukup berhasil saat itu.

 

Perkembangan Nike di Indonesia

Pembuatan alas kaki Nike telah berlangsung semenjak tahun 1988, dan nyaris sepertiga dari seluruh koleksi Nike diproduksi di Indonesia. Dari November 1994, Tony Brand, koordinator merek Nike Indonesia, menyatakan saat konferensi pers bahwa ia mempunyai 11 kontraktor. Sebelas di antaranya adalah perusahaan yang awalnya terkait dengan Nike di Korea Selatan dan Taiwan.

 

Basis produksinya juga memproduksi Reebok, Adidas, Puma dan merek lainnya. Bahkan, Nike juga memiliki hubungan yang cukup erat dengan para kontraktornya di Indonesia, dan setiap karyawan melakukan quality control terhadap kualitas produk sesuai dengan standar merek Nike.

Selama ini basis produksi sepatu Nike di Indonesia berada di berbagai daerah, berlokasi di Tangerang dan Serang yang tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Pabrik-pabrik di Indonesia umumnya dikelola oleh Korea Selatan. Sedangkan middle manager hingga supervisor juga berasal dari Korea Selatan dan Indonesia. Sedangkan unit produksinya berasal dari Indonesia, terutama perempuan berusia antara 16 hingga 22 tahun.

 

Itu lah penjelasan tentang mengenal brand nike yang bisa menambah pengetahuan anda, apakah anda tertarik untuk seperti mereka yang namanya dikenal hingga seluruh dunia, Tentunya Hal ini menjadi keinginan bagi setiap orang 

 

Baiklah cukup sampai disini penjelasan mengenal brand nike.

 

Comments

Popular posts from this blog

Alat Parafrase Online Indonesia Terbaik

Menikmati Eksotisme Negeri Dongeng di Strasbourg

Cold Storage PT. Bangkit Jaya Teknik Indonesia: Solusi Mesin Pendingin Industri Pertanian